Minggu, 21 September 2014

Perjalanan Lintas Negara Singapore -Melaka ( Trip Day 1)

Pagi-pagi banget (Kamis, 11 September 2014) aku udah nyampe di Gambir sekitar jam 5 pagi, masih gelap. turun ke lobby stasiun dan langsung bergaining ama si abang ojek, dapat 20ribu nyampe kos daning di daerah Tanah Abang. Si abang ojek ngendarai motornya kagak kira2 berasa di bonceng ama pembalap motoGP haha.... Nyampe kos daning tidur-tiduran bentar, langsung mandi. si Daning sih masih heboh ama urusan packing, tuh anak baru balik dari luar kota tadi malam buat urusan kantor. rempong yee..
Pesan taksi jam stgh 8 pagi, taksinya baru datang jam 8 pagi, taksi datang kita langsung cuzz ke Soetta. Perjalanan ke Soetta alhamdulillah lancar jaya kagak pake macet. Nyampe Soetta kita harus web check in dulu, soalnya selama di jalan ke Soetta nyoba check in onlen kagak bisa-bisa. Oiya. buat berangkatnya kita pake Air Asia tiket promo sekitar 300rb ++. Selesai web check in nyari buat breakfest dulu. Laper bo. belum makan. lagian kalau ntar nyampe SIN kita nggak bakalan sempet buat makan harus langsung cabut ke terminal bus. Pesen makan doank (100rb ++) kalau minumnya udah ngambil di dispenser di kos daning, hahha....*belajar irit dari dini :D
Jadwal flight pesawat kita jam 11.20 penerbangan ke SIN sekitar 1 jam-an, jadi sesuai jadwal kita nyampe jam 14.00 (waktu SIN, lebih cepet 1 jam). Sebelum masuk boarding room sempet ada tragedi kecil, jadi pas tas carry -on Daning masuk scan detector sempet bunyi, trus dibawalah kita ke pinggir ama mba petugas bandara, sempet dirogoh2 tuh tas Daning, katanya ada sejenis cairan aerosol. Hah?! apaan tuh? kagak ngerti ane (anak sains apa bukan seh? :D). Akhirnya aku ikut-ikutan nunjukin semua cairan yang ada di dalam tas aku bawa. daripada ntar bermasalah di pemeriksaan SIN lebih repot. Akhirnya Alhamdulillah nggak apa-apa. katanya sih cairan itu bisa aja mungkin terkandung dalam Hand body atau Parfum. Tanpa nunggu lama akhirnya no. flight kita dipanggil buat boarding. Yeeay...SIN I'am cominngg! :D
Selama penerbangan, sih cuaca cerah, mulus penerbangannya, Nah...tapi pas udah mendekati proses landing di Changi pilot dari ruang kemudi kan ngabarin kalau cuaca di SIN itu hujan jarak pandang...sekian..sekian...udah kagak mau denger, secara udah rada trauma aja ama penerbangan yang cuacanya nggak baik. bener aja ye itu pesawat muter-muter di atas hampir sejam-an. nyari jalan buat turun. mana guncangannya dashyat lagi pesawatnya. Tapi herannya itu si Daning malah anteng2 ajah. :D. Ngeliat keluar jendela abu2 gelap semua nggak kliatan apa-apa. aahh...pengen cepet liat daratan. Setelah ber-roller coaster sekitar setengah jam-an, landing juga dengan mulus di Changi Airport, Alhamdulillah. Kabar buruknya karena landingnya telat jadi kita harus in a rush ke Terminal Bus di Queen Street, untungnya Imigrasi di Changi cepet (pengalaman pertama kali ke SIN) kagak kayak di Semarang dan untungnya lagi kita nggak pake bagasi2an.
Kelar Imigrasi langsung ke taxi parking. di pintu exit banyak orang-orang travel pegang papan nama buat guest mereka, jadi inget pertama kali datang ke SIN (baca tragedi nyari2 si pak Irwan yang telat nongol :D). Naik taxipun kagak perlu ngantri di Changi keluar langsung naik. Semua taxi di SIN itu di argo, jadi nggak usah takut ada taxi gelap ya, maksudnya taksi tembak kayak di Jakarta...(ini sesuai instruksi dari seorang teman di SIN hehehe...). Supir taksinya pria paruh baya, etnis Chiness bapaknya baik, bicaranya ramah. Lama perjalanan dari Changi ke Queen Street di daerah Bugis seh sekitar 30 menit-an, sampai terminal bus kurang 10 mnt dari jam stgh 4.
Untuk berangkat ke Melaka kita pake bus 707 Inc, harga tiketnya @ 18 SGD. Untuk tiket bus kita booking via online juga. jadwal keberangkatan jam 3.30PM. Nyampe terminal ternyata bus yang kita mau naikin belum datang, Alhamdulillah. untung kagak ditinggal. Sebelumnya pas baru datang kita ke loket bus dulu trus di kasih stempel palt no bus nya. Busnya datang dan ternyata...kita dapat bus double dekker...hahaha. Senang! duduk di atas. yeeyy....!
penampakan dalam bus, kursinya lebar-lebar
Perjalanan SIN-Melaka ditempuh kurang lebih 4 jam, melewati 2 kali pemeriksaan Imigrasi, Ya..karena kita mau ngelakuin perjalanan darat lintas negara. Pengalaman pertama neh bagi kami dua traveler wanita spesialis dadakan. hahhaa.... Singapore punya dua Imigration checkpoint Woodlands Checkpoint (katanya checkpoint ini terkenal padat) dan Tuas Checkpoint. Malaysia juga ada 2 imigrasi checkpoint Komplek Sultan Abu Bakar dan Bangunan Sultan Iskandar. Perjalanan dari SIN- Melaka kita (baca:aku dan daning ya) lewat Tuas Checkpoint, untuk directionnya seh nggak ribet kita akan diturunkan di pintu masuk imigrasi oleh bus dan setelah proses imigrasi kelar di pintu keluar bus yang kita naikin tadi udah standby disana. Nggak ribet kan? Simpel!, tunggu sampai aku cerita di checkpoint ketika balik singapore *devilishsmile. :D
Setelah ngelewatin imigrasi dari kedua negara perjalanan panjangpun di mulai, pemandangannya ngebosenin, jadi kayaknya aku lebih banyak tidur. Jalannya lurus seperti jalan TOL Jagorawi cuma bedanya disana kiri kanan jalannya sepanjang jalan perkebunan kelapa sawit.
Jam stgh 7 kita udah melihat petunjuk arah bertuliskan Melaka Sentral,disana masih terang, udah kliatan rumah-rumah khas Malaysia, suasanya seh kurang lebih sama perjalanan ketika mudik ke Bandung lewat jalur selatan rumah-rumah warga di kiri kanan jalan. Bus yang kita tumpangi hanya sampai Melaka Sentral, Melaka Sentral itu Terminal di Melaka, dari terminal untuk ke kota Melakanya kita harus naik Bus Panorama Melaka (semacam bus kota gitu) dengan bayar 1,50RM, beroperasi cuma sampai jam 9 malam. atau naik taxi dengan bayar 20RM tapi kalo sudah larut malam tarif bisa naik menjadi 30RM (taxi di Melaka tidak pakai argo). Untung bus dari SIN nyampenya tidak telat jadi kita masih bisa ngerasain transportasi yang murah meriah. :)).

di atas itu penampakan Melaka Sentral

Bus Panorama Melaka itu bus berwarna merah. untuk trayek tujuannya bermacam-macam, karena penginapanku tidak jauh dari Red Square (bangunan merah) jadi kita naik bus no 17. yang melewati bangunan merah. Perjalanan dari Melaka Sentral ke Red Square sekitar 30 menit. waktu di dalam bus pas ditagihin bayaran kita seh udah bilang mau turun di Red Square, jadi pas udah di Red Square bapak kondekturnya ngasih tau kita rueun disitu. Dan benar saja. pas kita turun di depan kita udah ada Studhuys sama Christ Church tak ketinggalan Victoria Fountain-nya

Hard Rock Cafe di seberang Red Square

Dutch Windmill

Red Square
Sempet jeprat jepret sana sini bentar. Sempet nggak percaya juga seh bisa ada di Melaka. :D Melaka itu salah satu wish travelingku. (must to go place). hahhaa... Jadi inget quotes yang pernah aku baca ' I'm In Love With Cities I've Never Been To And People I've Never Met. ya...quotes itu aku banget!
Kita lanjut lagi jalan buat nyari keberadaan penginepan kita. Di Melaka kita nginep di River One Residance alamatnya Jl. Kampung Pantai, untuk pesenannya via onlen harganya sekitar 200rb ++ (double bed room AC) tapi bath roomnya sharring maklum kan setaraf hostel. Tapi murah kan! haha...sempet nyasar juga nyari-nyari alamatnya, maklumlah ya daerah baru dikunjungi rada keder nyari jalan. mau nanya orang juga susah. Melaka di atas jam 9 udah sepi banget. Akhirnya nanya sama abang-abang sepeda hias. Jalan bolak balik akhirnya ketemu juga River One Residance. Ternyata Ownernya udah nungguin kita. Hahaa...I'm waiting you all...Sorry we late, we lost to find this hostel. xixiixi....setelah ngurus administrasi, jelajah perkenalan ruangan dan rules do don't. Kita masuk kamar bersih-bersih, trus mau makan malam. karena ternayat kita terakhir makan adalah makan pagi, Iya breakfest di Soetta. hahahha....
Nah pas kita mau pamit ama si owner, beliau menyarankan kami untuk tidak membawa tas karena ini sudah larut malam rawan terjadi penjambretan. Akhirnya kita hanya membawa sebuah pocket diisi barang seperlunya, termasuk uang huat makan ya..hehhee..Beliau juga menunjukkan kami tempat makan mana yang kira-kira masih buka jam segini (baca sudah jam 10 malam). Akhirnya kita jalan sesuai dengan instruksi dari mister Owner.
Di setiap gang yang kita lewati udah sepi banget hanya sesekali lewat sepeda, mobil atau motor, rada parno juga seh. Setelah jalan yang berasa kayak uji nyali. Kita nemuin Brother John Kopitiam, yak... ini resto yang di rekomendasiin ama si mister tadi. Makan malamku 11,75RM.

Chicken Curry and Rice

Tea O
Abis makan sempet jalan2 juga ke depan Casa Del Rio Melaka karena resto ini tempatnya deket banget ama hotel itu. trus kita keliling lagi nyusurin jalan deket sungai sambil pulang dengan jalan lain.
pertigaan Jonker Street

Banyak Cafe di tepi Melaka River

Hard Rock Cafe malam hari
Sampai di penginepan kita bersih-bersih ganti baju dan tidur, biar besok bisa bangun pagi-pagi explore Melaka city,

Lanjut di sini ya...

Singapore Again (Trip Day 2)